Kirim dan Terima Uang Internasional

Tulisan ini terinspirasi oleh pencarian panjang saya mengenai bagaimana mengirim uang ke Indonesia. Saat ini saya sedang tinggal di Prancis dan untuk suatu hal saya perlu untuk memindahkan uang dari rekening Prancis saya, BNP Paribas menuju rekening Indonesia saya di BCA.

SIngkat kata saya berusaha untuk mendapatkan cara termurah untuk mengirimkan uang tersebut. Beberapa kemungkinan yang bisa digunakan antara lain

1. Jasa Pengiriman Uang (Western Union)

Jasa pengiriman uang memang sangat banyak, namun saya menemukan Western Union lebih banyak dipakai di Indonesia jadi sepertinya lebih familiar untuk saya. Ada dua cara saat anda ingin mengirimkan uang menggunakan WU, anda bisa pergi ke kantor WU terdekat dikota anda jika ada, atau yang kedua secara on-line.

Saya mencoba mempelajari bagaimana cara kerja WU secara online, karena saya belum melihat kantor WU di kota saya. WU menawarkan pembayaran via kartu kredit jika anda menggunakan layanan via situs WU. Biaya yang dibebankan untuk 1000 euros adalah 29 euros dengan Kurs yang saya rasa cukup masuk akal dilihat dari harga yang dipatok bank saya.

Beberapa informasi yang dibutuhkan untuk transaksi menggunakan WU sebenarnya hanya detail mengenai tujuan transfer saja, apakah mau diambil dalam bentuk cash atau rekening di bank indonesia. Berhubung saya ingin memindah uang ke rekening saya maka saya memilih opsi kedua. Informasi yang dibutuhkan antara lain Nama penerima uang sesuai yang tertera dibuku tabungan, alamat, kode bank, kode cabang dari bank. Namun karena saya lupa informasi mengenai bank saya dan kebetulan cabang pembuka saya di desa, saya tidak tahu kode yang dibutuhkan, sehingga saya tidak jadi menggunakan WU.Image

2. Paypal

paypal merupakan opsi kedua saya setelah WU. Paypal sebenarnya cukup sederhana bagi yang terbiasa dengan paypal, namun bagi yang belum mengenal paypal mungkin agak sulit.

PayPal Inc. adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain.

Paypal sebenarnya sama dengan rekening bank pada umumnya namun sifatnya elektronik, jadi semua yang ada di paypal hanya bisa diakses melalui internet, termasuk uangnya. Namun uang yang ada di paypal bisa dikirim ke rekening nyata kita, atau juga sebaliknya.

Image

Terlihat seperti trik, jadi yang anda butuhkan adalah 2 akun paypal, Indonesia dan Negara anda saat ini (Prancis dalam kasus saya). Bagaimana mendaftar paypal tidak akan saya bahas disini karena sudah banyak yang membaginya di situs lain. Keuntungan menggunakan Paypal adalah biaya yang sangat ringan, saya mencoba mengirimkan 1000 euro dan biayanya hanya 2 euro. Namun ternyata yang kelemahannya adalah kurs Euro-IDR Paypal sangatlah rendah. itu yang membuat saya kecewa. Untuk kurs jual BCA 15400 yang seharusnya kita transfer ikut Kurs Beli yang sekitar 15000 ternyata paypal hanya memberikan rate 14550. tentu saja bisa dibilang saya rugi 450.000 untuk transfer dana 1000 euro. atau jika di euro kan sekitar 30 euro, ujung-ujungnya sama saja.

3. Bank Lokal

Senjata terahir saya adalah Bank Lokal saya, BNP Paribas. Transfer bisa dilakukan di bank cabang kita membuka, atau cabang lain namun tetap saja transfer akan dilimpahkan ke cabang kita atau melalui internet banking. untuk menggunakan internet banking pastikan anda sudah meminta untuk diaktifkan fitur ini.

Transfer melalui kantor cabang ternyata lebih mahal, biayanya seperseribu dari jumlah transfer namun dengan biaya minimum 16 euro. untuk transfer secara online biayanya hanya sekitar 8 euro. Sebenarnya melihat tarif ini kita sudah sangat tertarik, namun ada biaya lain selain biaya ini. Jadi di sisi rekening penerima saat kita menerima uang dari luar negri kita akan dikenakan biaya 25 USD (untuk bank BCA) atau setara dengan 19 euro. Waktu itu saya tidak tahu mengenai besaran biaya yang harus saya bayar, saya menyanggupi untuk membayar biaya yang akan dikenakan kepada penerima uang, toh memang itu rekening saya sendiri.Image

Sehingga waktu saya mencoba mengirimkan uang melalui Bank cabang saya, saya hampir kena 34 euro biaya total, untuk 1000 euro yang dikirimkan. Mengenai informasi yang dibutuhkan untuk transfer adalah nama, IBAN dan BIC. pastikan nama tujuan benar sesuai yang tertera di bank. IBAN biasa digunakan di Eropa namun sayang di Indonesia tidak mengenal itu. Sehingga kita hanya perlu menggunakan nomer rekening bank Indonesia saja, diikuti BIC atau SWift Code (dimana unutk BCA adalah CENAIDJA). Saya sebenarnya ingin mencoba sistem online, namun karena di form isian hanya menerima format IBAN jadi saya tidak bisa dengan hanya mengisikan nomer rekening bank indonesia. Sayang sekali.

The International Bank Account Number (IBAN) is an internationally agreed means of identifying bank accounts across national borders with a reduced risk of transcription errors. It was originally adopted by the European Committee for Banking Standards (ECBS), and later as an international standard under ISO 13616:1997. The current standard is ISO 13616:2007, which indicates SWIFT as the formal registrar. Initially developed to facilitate payments within the European Union, it has been implemented by most European countries and many countries in the developing world, especially in the Middle East and

in the Caribbean.

Secara garis besar, masing-masing memiliki sisi untung dan rugi.

1. WU besaran biaya cukup normal begitu pula dengan kurs yang digunakan, namun kita perlu tahu detil rekening tujuan hingga kode cabang bank yang digunakan. maksimal transfer hanya 500euro, dan biaya mengikuti nominal yang ditransfer.

2. paypal cukup murah dari segi biaya namun terlalu rendah untuk kurs, sehingga semakin banyak yang anda konversi ke rupiah akan sangat besar kerugian anda. kecuali jika anda tetap menyimpannya dalam saldo paypal, atau anda mengirimkan dalam jumlah yang kecil

3. Bank Lokal, Biaya cukup tinggi namun tidak begitu terpengaruh jumlahan yang dikirimkan. Kendala perbedaan format IBAN untuk i-banking cukup disayangkan.

Begitulah yang bisa saya bagi mengenai informasi kirim dan terima uang antar negara, semoga bermanfaat, jika ada informasi yang kurang relevan silahkan kirimkan komentar anda.

226 respons untuk ‘Kirim dan Terima Uang Internasional

  1. hello kak,. kalo boleh tau, berarti perna mengirim secara online kah dari paris ke indonesia? Berarti BCA bisa terima EUR ya dari sana? dan sampe sini karena acc kita rupiah, akan otomatis terima rupiah dan suda nett? (alias udah dipotong biaya ini itu)

    • sudah pernah mbak. jadi aku kirim dari Prancis nominal euro, let’s say 1000 ya, trus aku minta aku yang ditagih biayanya jadi semuanya aku yang bayar. penerima di indo ga kena biaya apa2, dan langsung terima dalam rupiah sesuai kurs yang disepakati kedua bank, tanpa biaya apa-apa lagi. tapi kalo pengirimnya ga bilang mau bayar biayanya, si penerima akan kena potongannya. begitu lah kira-kira.

      • Salam kenal kak,
        Pertanyaan sy masih ada hubungannya dg little.miss diatas.
        Beberapa hari lalu sy mengirimkan uang dr bank ditempat sy tinggal (Norway) ke bca sy di Indonesia. Tapi sy sangat kecewa begitu uang masuk ke rekening bca sy krn pemotongannya sekitar 550 euro ato sekitar 628 USD. Sy sudah mencoba kontak ke pihak bca utk penjelasannya & msh menunggu feedback dr mereka.Pertanyaan sy:
        Apakah bank bca memotong berdasarkan persentage pengiriman ato biaya pengiriman dipatok rata seperti yg kk tulis 25 USD per pengiriman??

      • Hello kak
        Maaf mau nanyak ini saya kan mau dikirimin uang dari prancis tapi temen saya yang di prancis binggung mau kirim lewat apa soalnya saya gak punya wu atu paypal.apa boleh dia kirim lewat bank??? Tolong kasi tau informasinya kak
        Terimaksih

      • Hallo kak, saya mau nanya.
        Saya dapat kiriman dari Singapore melalui WU ke bali / Indonesia & saya sudah dapat No MTCN nya. Kebetulan posisi saya sekarang sedang berada di Sidney. Apakah bisa kiriman uang ke indonesia itu saya ambil dari WU sidney ? Karena april depan baru saya kembali ke tanah air.

        Mohon di bantu informasinya. Terima kasih.

      • tanya mb kl pake w union prancis ke bca..itu brp lama kmrn coba kok ga masuk2 seminggu lebih..apa emng kita perlu lgsng ke bca u konfirmasi karena dari wsetren unionnya pengirim sdh terima email kl rek tujuan ato bca sudah terima..mohon infonya

    • Kenalan saya baru2 ini mau mengirimkan uang berupa check transfer deposit sejumlah usd.25.000 melalui b money remittance transfer services worlwide..namun setelah 2 hr kemudian sy ditlp katanya agent b money tsb menanyakan detail ebill no.dll dg katalain confirmasi…namun selanjutnya agent tersebut meminta sejumlah uang usd800 utl local charge krn akan ditransfer ke bank mandiri saya…kira2 apakah ini jenis penipua? Mohon infonya.mas

  2. Salam kenal.
    Sedikit berbagi pengalaman, aq lebih sreg kalo pake worldremit dari pada W.U, lebih murah biaya kirimnya. Sbg perbandingan kalo ngirim 5euro, cuma kena biaya 0.95cent
    Jadi nggak harus nunggu ‘banyak’ baru bisa ngirim hehe. Kalo pake w.u mending ngirim sekalian bnyk, kalo cuma dikit, sayang biaya transfernya hehe.

  3. Gan mau nanya saudara saya kan kirim pake word remit nah tapi katanya gak bisa diproses karna no hp saya padahal no.a udah bener. . .itu gmana ya gan?

  4. ,au mamya gan.. kalau ngirim na lwat pos gimana gan,, brapa dominal paling besar nya bisa di transfer ke indonesia???

    • wah saya belum pernah nyoba untuk pos ya gan, kalau Worldremit gitu saya bisa transfer hingga 1000€, ada pilihan masuk ke rekening bank atau diambil cash oleh penrima.

  5. mas Musthofa, maaf klo boleh tau berapa biaya standar hidup di Paris? misalkan untuk mahasiswa atau profesional seorang diri, misalnya : 3000 euro perbulan, itu biaya hidup standar atau masih bisa hemat? Saya membaca di banyak web standar gaji Paris , Upah minimum pekerja adalah 1500 euro apa betul? jadi misal kalau berprofesi sbg karyawan biasa misal resepsionis, gajinya segitu ? bagi orang Paris tarif segitu murah atau mahal? terimakasih sebelumny

    • sejujurnya Paris itu memang paling mahal dari kota yang lain, tapi 3000 itu jauh lebih dari cukup. Upah minimum pekerja itu sekitar 1250 – 1500 yang namanya SMIC. Untuk di Paris yang membuat mahal sebenarnya hanya apartemen dan gaya hidup, apartemen sekitar 700-900€ untuk seorang diri, dan kalau mau masak sendiri di rumah, makan diluar seminggu sekali aja, paling belanja mingguan hanya 50€, jadi sangat masih berlebih untuk 3000€. Semoga informasi ini bisa membantu.

  6. Selamat pagi , saya mau Tanya.. Apa kita butuh buka bank account yang baru untuk menerima transfer uang dari perancis, atau tetap bisa menggunakan account bank bca kita yg sudah ada? Terimakasih atas jawaban nya

  7. mas, mau tanya. ini temen saya mau kirim uang dari perancis dan katanya saya harus mengirim uang ke dia dulu sebesar 250uero. gimana maksutnya itu mas ya? kq aneh gitu?

  8. gan aku aku tanya…aku pnya rek tabungan di BRI…tp tmenku di nigeria mau transfer ke rekeningku…tp katanya ga bisa buat transfer internasional..katanya disuruh aktivasi akun sy dl agar bs ditransfer…bener ga gan itu..? mohon pencerahannya…thanks….

  9. halo mas Musthofa, terima kasih atas postingannya, sangat membantu,
    kebetulan saya juga ada yang mau transfer uang dari Perancis, mereka minta detail akun bank saya yang juga BCA, saya kirim mereka detail akun dan swiftcode nya CENAIDJA, tapi mereka tetep gagal melakukan transaksi, dan tetap meminta kode IBAN. kalo saya tanya kode IBAN ke BCA, mereka bilang tidak ada IBAN tapi swift code aja. apakah ada semacam converter swift ke IBAN gitu ?

  10. Mantap nih Infonya..
    Mohon pencerahaannya gan..
    Kawan saya kirim uang dari malayasia 2 hari yang lalu melalu rekening BCA saya , Tapi sampai saaat ini saya tulis ini Belum masuk Juga ya mas, Apa yang harus saya lakukan?

    • kalau 2 hari sebenernya masih bica coba ditunggu mas, dalam seminggu kalau tidak ada coba temannya ke tempat ngirimnya nanyain, karena kita sebagai penerima memang tidak bisa berbuat apa2. ibarat kirim pos kalau ada ga nyampe barangkan yang dihubungi pengirimnya bukan penerimanya.

    • Malam mas,aku dapet transferan dri natwest bank di UK,cuma aku harus isi form untuk penerima transfernya,otomatis kan aku harus isi nama bank dan rek aku(Bank DKI),cuma itu harus masukin BIC,Sort Code,dan IBAN,nah yg jadi pertanyaan aku,aku harus masukin BIC,Sort Code,IBAN itu punya bank dki atau Netwest Bank UK itu?
      Terima kasih sebelumnya.

  11. Artikel yang menarik. Terimakasih atas uraiannya. Saya baru saja mengunjungi situs WU, dan saya mendapati info seperti ini:

    “Send up to 500,00 EUR per transaction for your first and second money transfers, and up to 5000,00 EUR per transaction after you’ve gone through the identification process.”

    Jadi, seingat saya, limitnya dulu memang cuma 500 euro. Tapi sekarang jadi 5000 eur setelah 2 kali transfer perdana dengan limit @500 eur. Mungkin mulai menyadari kalau banyak kompetitor yang membayang2i kali yah. Seperti WorldRemit atau MoneyGram. Terakhir, malah saya lihat, biaya transfer WU ke bank account dipukul rata 5 euro per transaksi, dan kurs yang menjanjikan (lebih baik ketimbang WorldRemit, kompetitor utamanya (cmiiw)). Sekilas saya baru saja bandingkan, untuk mentransfer uang sejumlah 12 juta rupiah ke rek bank di Indonesia, WU unggul sekitar 15-20 euro. 🙂 Memang untuk yang real time transfer (“cash pickup” for WR, atau “money minute” for WU), sepertinya WR masih lebih unggul dibandingkan WU. Karena either cash pickup (within 1 hari) dan transfer to bank account (2-3 business days), biayanya sama.

    Saya juga baru tahu kalau ternyata transfer antar bank kena fee double, dari penerima dan pengirim. 😦

  12. saya ingin bertanya, saya mengirim uang dari luar negeri ke indonesia sebesar 306 riyal dan kurs indonesia saat ini Rp. 3276.59, jadi uang yang akan di kirim yaitu Rp. 1002635.18. Apakah sang penerima kena biaya lagi? dan di perkirakan berapa? Terima kasih sebelumnya

    • Maaf saya tidak bisa jawab mas, tergantung dimana mengirimkannya mas, dan mengirimkan bagaimana perjanjiannya, apakah mas yang menanggung semua biaya, atau share biaya. mungkin kalau mas yang menanggung biayanya dan sudah ada nilai rupiah saat mengirim, bisa saja itu nominal yang diterima di Indonesia.

  13. maf gan saya mau tanya, saya kan menjual id game ke orang israle. namun saya blm smpat menanyakan no MTCN, alamat pengirim dan namanya, namun yang saya baca di WU bila ingin mencairkan uang pengiriman tersebut harus tahu no MTCN, nama, dan alamat pengirim, tetapi saya hanya ada bukti poto / scren shout dari orang tersebut bahwa orang tersebut sudah mengirim nya memakai paypal. lalu gimana agar saya bisa mengecek dan mencairkan uang tersebut. thx gan mohon penjelasan nya.

    • Kalau menurut saya lebih baik ditanyakan lagi, screen shot yang dari klien nya itu pengiriman WU lewat akun paypal atau bagaimana? sebenernya anda bisa membuat akun paypal juga dan pengiriman via paypal, atau anda infokan saja nomor rekening bank indonesia anda, bisa kok dr WU langsung ke rekening. jadi pas udah nyampe langsung tahu.

  14. Halo Kak, saya mau tanya mengenai pengiriman melalui paypal. Saya berniat untuk mengirim uang ke korea. apakah saya perlu mengisi saldo paypal terlebih dahulu? atau bisa menarik langsung dari rekening debit yang sudah saya daftarkan sebelumnya? karena yang saya tahu untuk mengisi saldo paypal itu perlu menggunakan rekening bank US. Terima kasih sebelumnya kak^^

  15. Halo salam kenal. Saya mau nanya tentang transfer uang dari bank di jerman ke bank indonesia. Saya transfer melalui online banking Deutsche Bank ke Permata Bank dua hari yg lalu. Lalu ada pilihan transfer dengan kurs apa, namun sayangnya Rupiah tidak ada, jadi saya pilih Euro. Sampai sekarang transaction nya sudah “booked” di Deutsche Bank saya, namun di Permata saya belum muncul. Pertanyaan saya, kira2 apakah uangnya tidak muncul karena masalah waktu saja atau karena mata uangnya ya? Saya takut uangnya tidak sampai karena transfernya dalam bentuk Euro, bukan Rupiah.. (maklum newbie dalam kirim mengirim uang international).Terima kasih sebelumnya..

    • untuk pengiriman account to account antar bank beda negara sepertinya paling cepat 3 hari, dan dianggap wajar hingga 2 minggu. jadi untuk sementara kamu pun belum bisa complain kemanapun. sampai setelah dua minggu bisa meminta keterangan apakah transfernya balik atau seperti apa. semoga membantu ya.

  16. Hallo kak

    saya mau tanya teman saya kirim uang dengan menggunakan worldremit via transfer,, dia ngirimnya dari tgl 6 kemarin dan saya sudah dapat sms dari worldremit IDR jumlah uangnya,, tapi kenapa sampai saat ini juga belum masuk di akun rekening saya??
    Kira2 butuh berapa hari kak untuk processnya??
    Thanks

  17. Mas, kalau kirim uang dari france ke indo via bank. Kira2 berapa lama sampe ke indo? Apakah akan dpt sms juga klo via tranfer bank?

    • Tergantung bank dan jam eksekusi, sepertinya paling cepat 2-3 hari. Namun bisa lebih dari itu. Sepertinya tidak ada pemberitahuan SMS, kecuali memang bank indonya punya sistem seperti itu, Mandiri sepertinya ada. Tidak tahu bank lainnya.

  18. Hello kak
    Saya mau tanya beberapa hari yang lalu saya mencoba melamar pekerjaan melalui situs di internet, lalu saya coba untuk apply kemudian dia menawarkan saya pekerjaan seperti ini melalui email saya. Menurut anda apakah ini penipuan atau memang benar mohon bantuan’a, terima kasih
    Selamat siang!
    Nama saya Elina dan saya akan menjelaskan semuanya kepada Anda.
    Gimana lebih nyaman untuk Anda lewat skype atau lewat e-mail?
    Kami adalah perusahaan besar,yang berada di Inggris.
    Kami cari Perwakilan daerah,yang bisa lakukan tugas kami dng cepat dan bertanggung jawab.
    Contohnya:Anda terima 2000 euro dari kami dan harus kirim 1900 euro ke klien kami lewat western union.100 euro itu bonus Anda,bisa diambil langsung.Pada akhir blan Anda dapat 300 euro seperti gaji stabil.
    Bulan September kami kuga mau buka kantor Rima Consulting di Indonesia.
    Silahkan,kalau Anda mau tanya sesuatu,jangan takut!
    Saya selalu bisa bantu Anda.
    Kalau mau,saya bisa menelepon Anda di skype juga,karena kalau lewat telepon koneksinya sangat buruk.
    Terima kasih

      • Mau nanya mas, saya mendapat kirim uang dari teman di scotlandia…kok saya mendapat email dan telp katanya dari bank tersebut dan meminta saya membalas email bank itu sehingga uang bisa di kirimkan..nama bank itu RHB bank, tapi saya mencari di internet di scotlandia tdk ada nama bank itu…apa ini penipuan ya mas…tlg di jawab mas

  19. googling kesana kemari akhirnya nemu blog ini,sama seperti yang lain saya juga nunggu transferan uang bank to bank dari UK sudah 1minggu belum sampai juga

  20. Hallo mas, saya mau tanya untuk pengiriman uang sekitaran 1000 pounds ke rekening di Indonesia menurut pengalaman, sebaiknya menggunakan western union atau world remit yah (dilihat dari kurs, biaya dsb)? Pasangan saya biasanya mengirimkannya via cash pickup WU, tapi kali ini mumpung tidak terlalu mendesak saya pengennya ke rekening saja. Masalahnya, saya adanya Bank Mandiri dan di form WU, branch kodenya maximal 4 digit sementara branch code bank saya 5 digit. Apa memang bank tertentu aja yg bisa menerima transfer ke rekening via WU?

    • salah satu alasan saya tidak menggunakan WU adalah ribetnya megisi data bank, jika menggunakan Worldremit lebih simple, cukup nomor rekening saja. jika rate sepertinya tidak jauh berbeda.

  21. halo mas saya ayu, saya punya oma di netherland belanda. jika beliau transfer uang ke saya, saya jarang tanya berapa potongan dari bank mandiri indonesia. misalnya oma saya transfer 200 euro berapakah potongan nya ya mas. terima kasih

  22. Hi Mas Mustofa,

    Mohon pencerahannya karena saya belum pernah transaksi melalui paypal dan saat ini mau mencoba paypal.

    Saya ada mau beli produk dari UK krn produk tersebut belum ada di Indo. Pembelian dengan menggunakan kartu kredit berlogo visa (IDR).

    Yang ingin saya tanyakan, untuk pembayaran tersebut apakah limit kartu kredit saya tersebut akan langsung dikonversi ke nilai mata uang dollar mengingat saya hanya mempunyai rupiah.

    Terima kasih

  23. Assalamualaikum Mas, Mau tanya untuk bahasa email berikut yang agak aneh menurut saya. Mungkin bukan hanya saya saja yang sudah menerima email seperti ini :
    Kami mendapat rincian perbankan Anda, kami ingin Anda tahu bahwa kami baru saja disampaikan kepada Bank yang meyakinkan kita bahwa pinjaman Anda akan ditransfer ke rekening bank Anda setiap saat dari sekarang secepat itu diverifikasi oke, jadi semua yang Anda butuhkan untuk jangan sebelum Anda mendapatkan pinjaman Anda sekarang hanya bagi Anda untuk membayar sepenuhnya untuk Biaya pinjaman Anda dari biaya transfer yang biaya hanya $ 499 USD dan segera setelah Anda kirimkan, itu akan memakan waktu beberapa jam untuk pinjaman Anda untuk masuk ke rekening bank Anda, Biaya ini tidak pernah dapat dikurangi karena akun Anda belum diaktifkan. Kedua, Dewan Direksi Perusahaan Honorable ini keinginan Anda tahu bahwa biaya token ini dikenakan di resp dll aktivasi dan transfer pinjaman Anda dan kami tidak bisa m pengalihan ake pinjaman Anda ke rekening bank Anda tanpa mengaktifkan akun yang akan dilakukan segera setelah kami menerima bukti pembayaran sehubungan dengan biaya transfer.
    Pembayaran ini harus ma de dan diverifikasi secepat mungkin. Jadi aku ingin kau kembali ke saya sekarang untuk memperbarui Anda dengan rincian pembayaran sehingga Anda dapat melakukan pembayaran dan mendapatkan pinjaman Anda ditransfer ke rekening bank Anda.

  24. Mau nanya mas,,
    Ada saudara mau kirim uang ke saya,, nah, saya pke bank sinarmas,
    Apa bisa bank luar negeri (nigeria) langsung transfer uang ny ke bank sinarmas saya??

  25. Halo mas saya ada pertanyaan terkait pengiriman uang ini. Pacar saya tinggal di Amerika dan mggu lalu ia mengirimkan uang sekian USD dan sudah saya ambil melalui Western Union, namun agak kecewa sih karena kurs yg dipakai Rp 13.650 padahal wktu dia cek dari sana kursnya sekitar Rp 14.100 lumayan kan tuh mas.
    Nah utk pngiriman slnjutnya saya ingin coba yg lain kira” yg aman, mudah dan biaya kirimnya murah apa ya mas? Dan bisakan saya mengambilnya masih dalam bntuk USD dan tidak ingin dikonversi ke Rupiah, kalo bisa jasa apa yg harus digunakan?
    Mohon bantuannya mas, terima kasih sebelumnya 🙂

    • Ya intinya sih kamu mending punya akun bank dg curency yg sama, coba aja tanya ke bank kamu bsa buka rekening usd ga? Atau coba pake paypall tp pas kurs nya juga bisa rendah next time, kamu sih terima nha tetep dollar

  26. Assalamualaikum, salam kenal mas, maaf saya mau tanya, klien saya mengirimkan uang dari Australia kemarin, sampai skg saldo paypal saya masih tetap blm ada konfirmasi ada pengiriman. biasanya berapa hari ya mas sampainya? baru kali ini saya menggunakan akun paypal, biasanya klien saya menggunakan telegraphic transfer. Terima kasih atas bantuannya mas? 🙂

    • walaikumslam, jika klien nya mengirim dana nya dari rekening bank dlu maka kemungkinan besar bisa lama sekali, namun jika sebelumnya sudah ada saldo di rekening paypal dia, within second udah masuk tuh harusnya.

  27. Mas mustofa, saya transfer dr malaysia ke bca, sudah masukin swift code nya, lanjut minta 3 digit remittance authorizhed code nya, kalo bca berapa ya mas? Thanks before

  28. Hallo salam kenal mas Mustofa, pagi ini saya mencoba mengirim uang dari Bank Mandiri ke sebuah bank lokal Jerman, tapi ternyata bank Mandiri tidak dapat mengenali SWIFT kode bank yang saya berikan. Bank Mandiri hanya mengenali kode Bank sentral. Apa yang kira2 harus saya lakukan? Terima kasih banyak sebelumnya 🙂

  29. halloo kak.. jdi temen saya kirim uang ke saya dr Bank of California.CA udh dari hari senin, tapi smpe sekarang uangnya blom masuk. udah konfirmasi ke bank terus dr bankudh konfirm ke internasional tapi sama skali blm masuk.katanya biasanya tertahan di bag internasionalnya tapi smpe skrg memang blm ada. dan saya tanya ke pengirim katanya ga ada gangguan atau retur dr bank nya. yg mau saya tanya uangnya itu kemana ya? apakah ada pihak lain yg menahan atau bgmna? thks ka 😉

    • halo virginia… saya juga pernah begitu, dan baru retur 2 minggu kemudian. itu rada lama soalnya bank pengirim hanya bisa ngechek kalo memang benar2 sudah retur. dan kalo saya dlu sih gosipnya karna nama saya aga kaya teroris gtu. rada ga masuk akal sih.

  30. Kak ….maaf sy mau Tanya, sy bingung krna INI pertama x nya sy kirim lwt western union ke bank tp blik lg, kata nya ada kesalahan nama , Dan kemarin sy coba utk mngirim kan nya lg , tp kok sama saja.
    INI bukan pertama x sy kirim dri wu ke bank sdh 3 x sy bli brng ol pembyran lwt wu lancar sj.
    Yg sy ingin tanyakan apa kah bisa uang yg sdh d transfer ke no bca ,tp TDK msk ke nomer trsebut tp sdh d bank nya , apakah msih bisa d ambil…???

  31. Kak… sy tanya donk.. saudara sy mau kirim uang dari bank di perancis ke indonesia. tapi di account saya harus ada uang 300 euro. memang harus seperti itu ya kak… mohon pencerahannya. terima kasih.

  32. Kak, mau tanya,.. Enaknya kalau mengirim uang dar Belanda ke Indonesia (tapi langsung ke rekening BCA) pakai apa? Pacar saya mau mengirim uang ke rekening BCA saya. Sudah mencoba menggunakan WU scr online, tp masih ada kesalahan seperti nomer rekening saya harus ada tambahan nomer atau kode tp saya tdk paham itu apa. Bagaimana sebenarnya untuk mentransfer uang dari Belanda ke rek. BCA scr online?
    Lalu apakah kalau menggunakan worldremit aman juga?

  33. Oya satu pertanyaan lagi, kalau untuk menggunakan worldremit, pada kolom alamat untuk si penerima di isi alamat rumah penerima yang sekarang ini atau diisi alamat membuka cabang bank si penerima? Cukup diisi satu kolom alamat saja atau dua-duanya? Karena ada 2 kolom utk mengisi alamat disitu. Thanks

  34. Halo mas Musthofa.. ini pertama kalinya saya melakukan transaksi transfer dr Jerman. Jadi teman saya akan mengirim uang sebesar 2000 euro ke rekening Maybank sy d indo. saat ini dia berada di Poland. Bank yg dimiliki teman sya adalah bank d Jerman. Untuk transaksinya bisa diinfo bisa menggunakan apa ya? Apakah bisa melalui internet banking? Solusi terbaiknya apa y jdi saya tidak kena banyak potongan kurs spt yg saya baca dr pengalaman yang lain di blog mas.. terima kasih atas infonya.

  35. saya mau nanya mas, ada keluarga mau kirim uang dari london melalui BARCLAYS BANK
    Apakah kalau kita dikirimkan uang, pihak Barclays bank di london mengharuskan penerima mengtransfer uang dulu baru di proses pengiriman .
    Kenapa pihak bank disana tidak memotong sejumlah uang yang akan ditaransfer.
    tolong di balas saya butuh penjelasan

  36. selamat pagi mas, saya mau nanya
    kebetulan adik saya yang dijerman membutuhkan uang sekitar 500 euro, saya posisi di indonesia, masih awam transfer duit ke mata uang asing.
    pertanyaan saya apa sistem kerja WU sama dengan wesel pos nya indonesia?
    kira kira berapa hari dr dikirimkah adik saya bisa mendapatkan uang yang saya transfer.
    sebelumnya terima kasih banyak mas

  37. siang bg, saya mau tanya.. teman saya menerima uang dari nigeria tapi katanya pihak bank disana meminta uang transfer ke dia.. apakah itu penipuang bg..?

  38. Bos sy puny mata uang jerman 500 mark. jerman timur 1985. 50 lmbr… kira2 masih laku ga? saya menemukan di Gudang nenek sy,,

  39. hello, … mau tanya apakah ada yg punya pengalaman mengirim uang ke Indonesia melalui worldremit? krn katanya fee-nya paling murah. Makasih….

  40. Mas mau tnya
    Temen saya dari Tucson ada yang transfer uang lewat bank of america
    Dia transfer saya lewat email
    Jadi pas mau get the money
    Harus punya U.S bank account
    Cuma saya gak punya ..
    Baiknya gmn ya mas ?
    Kalau ngirim lewat worldremit data yang dibutuhin pengirim apa aja ya mas ?
    Makasih

  41. Info dong masbro.. Tq..sebelumnya.. Kawan saya di jakarta kesulitan terima dana transfer dari teman nya di india. Kata orang india kalau ma transfer harus ke rening india juga, karna agak susah kalau diindia dana luar bisa masuk ke india tapai kalau dari india susah untuk keluar.. Disarankan teman sy lewat W_U…tapi kata orang india hanya buat company atau perusahaan saja.. Mohon info nya masbro..thanks

  42. Maaf kak mau tanya,,aku punya tmn di california.nah dia mau ngirim aku uang tapi dia gak dpt bny info soal pengiriman uang dr luar negeri ke indonesia.nah aku di minta tolong utk cari info itu..kira2 gmn ya kak cara nya…mohon bos.☺

    • biasanya dari luar negri bisa dari bank nya atau remittance seperti Western Union. cukup nomer rekening dan detail penerima di indonesia dan kode swift bank penerima. bisa di cari diinternet atau tanya ke CS bank

  43. selamat malam mas, salam kenal..
    saya mau tanya nih, di Indonesia ada ndak ya layanan bank yang tidak bisa terima remitt ?
    soalnya saya ragu sama rekening yang saya punya (produk tabunganKu).
    kan produk tabungan yang paling murah tuh, hehehe..
    terima kasih mas, mohon pencerahannya :))

  44. Halo Mas Musthofa,

    saya mau tanya kira-kira kalau menggunakan paypal bisa nggak ya transfer euro ke rekening euro di Indonesia? Seharusnya nggak ada masalah dengan nilai tukar donk?

    Saya juga sedang mencari cara paling murah untuk mentransfer uang ke Indonesia. Saya pernah menggunakan BNP Paribas total biayanya 32 EUR. Sedangkan kalau menggunakan jasa transfer lain seperti transfer wise, rekening penerima harus rupiah.

    Terima kasih

    Salam

    • kalau ini terkait teknis banget ya mas, kebetulan saya belum pernah punya rekening bank di indonesia dalam kurs euro, tapi menurut saya selama rekeningnya bisa dihubungkan dengan paypal, harusnya sih bisa saja.

  45. Hi mas musthofa,

    Komen2 di atas sungguh berguna.. Apakah benar ya mas biasa nya kiriman dr luar takes time smpai 3-7 hari kerja?

    Saya mendapat kiriman dr OCBC singapore dan mereka jg sudah email pemberitahuan bahwa akan ada tranksasi.. Tapi ini sudah 4 hari kerja jg blm smpai ke Mandiri saya, dr OCBC nya memakai system telegraphic transfer..

    Mohon info ya mas..
    Trima kasih banyak.

    • Untuk waktu normalnya sih biasanya sampai dianggap fail itu 14 hari kerja, 1 hari pun bisa sebenarnya. Kalo lagi beruntung. Tapi asumsi normal anggap 3 hari, misal di hari pertama, instruksi dibuat di bank pengirim, dihari berikutnya baru instruksi diterima atau jika memang ada perbedaan waktu bisa diterima besoknya lagi, dihari ke 3 bank penerima melakukan reconciliasi. Jadi 3 hari adalah waktu normal menurutku.

  46. hai ka aku mau tanya sodaraku transfer uang dari bank US melalui email terus aku pake acc clearxchange untuk bisa nerima uangnya,kira2 aman ga ya?dan uangnya pasti nyampe/engga?soalnya ada font pengisian rounting number BNI sdgkan BNI cuma ada SWIFT aja pas aku track di bank US nya trnyata ada dinmr sekian,pasti sampe atau gmn ka?makasih ka sblmnya

  47. met siang ,costumer saya di hongkong mau transfer untuk pembayaran produk yg dia pesan sama saya.beliau menanyakan apa saya mau menerima us dollar hongkong atau rupiah saja ,pembayaran ke rekening bca saya.jadi bingung ,menurut bpk,sebaiknya saya terima rupiah saja atau dollar hongkong?mohon bantu solusinya…terima kasih

  48. selamat sore,saya mau tanya saudara saya dari malaysia biasa transfer ke indonesia memakai UAExchange,biasanya hanya butuhkan waktu palinglama 2 jam,cuman sekarang dia kirim pukul 12 siang waktu malaysia kalau di saya pukul 11 WIB,pertanyaannya apa karena nominalnya yg besar (menurut saya) jadi lama? minta pencerahannya pa.terimakasih

  49. Pagi mas, ada orang dari inggris ingin mengirim uang ke indonesia dia minta tolong ayah saya untuk menerima uang tersebut dan meminta sejumlah data seperti nama, no rekening, no tlp dan alamat.. Apakah mengirim data2 seperti itu aman aman saja ? Bagaiman kita tau kalo itu penipuan? Thanks

  50. Hello,..
    Mas mustofa, senang bisa baca artikel yang kamu share dan komentar komentar nya.
    Saya menanyakan atau lebih tepat nya ingin pencerahan bagaimana pengiriman uang melalui iban atau ibc itu.
    Biasa nya saya mendapat kan kiriman dari eropa melalui WU.
    Dan kali ini saya ingin mencoba dengan bank BCA saya.
    Dan saya belum begitu jelas dengan iban atau ibc tersebut.
    Apa yang harus saya kirim ke teman saya untuk transaksi tersebut sementara teman saya menanyakan iban /ibc. Toling penjelasan nya terima kasih.

    • hallo,

      untuk di Indonesia tidak pakai IBAN, jadi swift code saja. kalau isinya melalui teller harusnya tidak ada msalah, tinggal kasih tau saja ke tellernya, tapi kalo internet banking dan ibanking nya hanya mau menerima IBAN ya mungkin rada problem. semoga membantu ya.

  51. Mas mau tanya. Saya mau kirim uang ke eropa. Klo cuma ada account nama penerima, iban, swift, nama bank penerima. Bisa sampe ga? Atau mesti tau cabang penerima banknya juga? Thanks

  52. Mas, mau tanya donk rencananya aku kan mau ada transaksi dari US ke Indo, nominalnya sekitar $8500. Kira2 lebih cepat sampai pakai WU atau World Remittance ya? Tapi setau saya sih pakai WU itu ada limit transaksinya. Sedangkan kalau World Remittance membutuhkan waktu 3 hari kerja ya?
    Satu lagi mas, kalau saya baca2 di Fire Cash Remittance atau MoneyGramnya BCA itu benar2 bisa langsung sampai real time gak ya? Thank you

    • kalo nominal segitu memang WU terbatas, mending remittance atau telegraphic transfer bank aja. real time atau tidak mungkin berpengaruh dari negara tujuan, bisa ditanyakan langsung ke BCA apakah dengan nominal sekian dan dari US apakah bisa langsung, thanks

  53. selamat malam mas, saya ada pertanyaan. Ada teman saya ingin mentransfer uang dr Taiwan utk di transfer ke no rek saya di bank mandiri. Berhubung ini pertama kalinya saya menerima TF dr LN, jadi pertanyaan saya adalah pada saat teman saya sudah mentransfer dr Taiwan ke Bank Mandiri, apakah saya perlu mengkonfirmasi penerimaan TF di bank? kemudian apakah proses penerimaan melewati via Western Union? Terima kasih atas perjelasannya ya mas. saya bingung sekali…..

  54. Hi mas, please help yahh 🙂
    Tunangan saya mau transfer uang dari bank USA, Wells Fargo namanya. Dia mo tsfr k rek Mandiri saya, ga byk cm $1000 aja ko he he…
    Itu jd gmn yaah, slain norek saya apalagi yg hrs saya infokan k dia, lalu dengan cara apa yg termudah dan teraman kalo via bank gitu? Saya ga ngerti world remittance hehe… Soalnya sblm²nya klo transfer k saya pakenya WU, Tp ini udh seharian muter² ga bs cair gegara saldo mereka yg ga cukup baik itu d pegadaian or kntr pos. Nah saya mo cb via bank aja ttpi apa² aja yg hrs sy infokan k dia.

    Dan satu lg mas, uang yg sya terima itu ntinya madih berupa USD atau sudah dikonversi ke rupiah ya? Untuk tau uangnya sdh msk ke rekening saya gmn caranya? Hrs ngecek kan k bank lsg/ATM atau ada pmberitahuan dr bank atau dr tunangan saya itu? Kena potongannya banyak ga ya mas kira² 😀

    Mohon bantuannya ya mas yg baik ^^ maaf pertanyaannya banyak 😀
    Uangnya lg ditunggu nih buat dp nikah soalnya heheheee… Terima kasih ^_^

    • kalo WorldRemit cuma butuh rekening seinget saya. potongannya ya lumayan lah, ga terlalu mahal atau murah, nanti masuk rekening kaya transfer indo biasa, dalam rupiah. semoga menjawab ya, semoga lancar persiapannya

  55. Assalamualaikum mas Musthofa, saya mau tanya teman saya beberapa bulan yang lalu baru pitching start up di depan investor Italia. Dan alhamdulillah baru kemarin dikabarkan ada satu investor yang bersedia menyuntikkan dana €500,000 Pertanyaan saya apakah transfer dalam jumlah besar memungkinkan secara langsung dari rekening bank di Italia menuju rekening di Indonesia? Apakah ada maksimal nominal uang yang bisa ditransfer dari luar negeri ke Indonesia? Apabila bisa dilakukan besaran biaya adminnya mengikuti besaran nominal transfer atau flat? Terimakasih banyak sebelumnya mas.

    • walaikumsalam, untuk pengiriman dana sebesar €500,000 pasti ke hold mas, mesti ngomong ke bank Indonesia nya, soalnya bakal di suspect ini kegiatan pencucian uang, sehingga harus declare ini uang dari mana dsb, dan ada proof bukti transaksinya, misal kontrak dengan pihak italia nya.

      untuk besaran administrasi sepertinya akan ikut naik juga sesuai nominal, tapi apakah sifatnya percentage atau tiering plafond (misal €500-1000 sekain euro, dan jika diatas €1000 euro berapa lagi) ini bisa ditanyakan ke bank nya sih. untuk nominal sebesar ini sih harus ke bank sepertinya untuk konsultasi

  56. Mas, biasanya kan sy dpt kiriman dr Mexico lwt bank mandiri. US$300 s/d 500 lancar 1 hari sampai. Nah kemarin pagi sy menunggu kiriman US$1250 tp gak masuk2 sudah 2 hari. Ternyata ada email masuk kalau limit mandiri hanya IDR 10 juta jd tf nya gagal (tf lwt sendvalu)….kalau bank lain apa juga ada limit buat nerima tf dr luar negeri sprti itu ya?….pengalaman pake sendvalu biayanya skitar $10 per $500, tapi kalau udah dijadiin Rupiah kok selisih ya. Pasti beda 500 ribu rupiah dengan itungan kurs pada saat kirim, apakah itu pajak dr mandiri? Contoh bln kmrn $600 itu jadi Rp 7,4 juta..pdhl mnrut itungan kurs saat itu hrusnya skitar 7.9 juta dn juga bln2 kemarinnya sama beda 500 rb…jd udah kena biaya dr sendvalu plus 500 ribu berkurang…..apa ada yg ngalamin seperti ini? Bank2 lain bgmn ya?…..

    • mungkin bisa dipastikan itu kurs kapan, dan kurs jual atau beli? kita sering berfikir hari ini kita transfer di kurs XXX, padahal proses pengiriman by sistem nya baru jalan besok di kurs yg lebih rendah. dan kurs jual atau beli kan berbeda, jika mau konservative (ga kaget saat lihat selisih) ambil kurs yg rendah untuk ngitung duitnya.

      • mass,,saya kan kirim uang dari arab ke indo, saya kirim lewat via WU,, saya ngerasa masih bingung itu di indo harus ngambill nyMass mau nanya,, gini kan siska kirim uang ke indo,, tapi dari sini nya lewat western union,,, itu gimana cara ngambill nya apa langsung ke bank atau gimaaa gimana apa harus ke bank atau ke pos saya kirim satu bulan lalu tapi sampe sekrang keluarga saya masih ke bingungan

      • waktu kirim ke WU nya ditujukan untuk siapa uangnya? bisa menggunakan rekening atau POS harusnya. tergantung dikriimnya kepada siapa dan menggunakan rekening atau tidak.

  57. Selamat malam mas, kemarin tuh saya patungan sama teman saya yang orang Spanyol iseng main lotere yang dijual di Barajas Airport atas nama teman saya. Dan minggu lalu teman saya dinyatakan pemenangnya, so at the end of the day just like the first deal we gonna split the prize, ada saran ga mas saya mau bawa pulang uang Euro dalam jumlah besar ke Indo bagaimana ya? Mending bawa cash declare custom di Indo atau transfer cashnya via rekening bank ke bank saya di Indo? Kena pajak ga ya?

      • Hallo mas mustafa,saya mau nanya.. klo pengiriman dari swedia mw kirim uang ke indonesia apakah harus ada validasi dlu mas? Karena temen saya,pernah di mintain tolong untuk validasi terlebih dahulu dan kirim sejumlah uang ke rekening validasi si pengirim. Benarkah seperti itu? Trims

  58. Ka mohon bantuannya, temen aku di swiss mau tf uang ke mandiri saya di indo. Nah aku udh kasih SWIFT code nya tapi katanya masih ga bisa juga, aku perlu IBAN juga katanya. Gimana ya jelasinnya dan prosedurnya supaya SWIFT CODE nya ini bisa berhasil.

    Ps: katanya, dia sdh coba tf 4 kali tapi di refused

  59. mas saya mau tanya ada ada teman saya punya pacar seorang kapten kapal luar negeri mau mengirimkan uang sebesar US $1500 dari bank of Scotland. dan teman saya meminjam rek bank BCA saya untuk di transfer, katanya lama pengiriman nya 40 hari. dan saya memang sudah melihat bukti transfer nya. yang saya mau tanya kan apa kah benar selama itu (40 hari) untuk transfer dr luar negeri. dan berapa biaya potongan dari bank BCA?

  60. Mas.mau tanya adik saya kerja d kpl pesiar gajinya dollar trus d transfer k bca rupiah..sdh 5 hari gajian tapi blm ada masuk..apakah harus nunggu lbh lama lagi yah?trima kasih

    • 5 hari nya apakah menghitung sabtu minggu? coba ditunggu dalam 7 hari kerja. 7-14 hari kerja masih bisa dianggap wajar, kadang memang ada problem. lebih dari 14 hari fix harus ditanyakan, bisa saja uangnya retur

  61. Siang pak. Saya mau tanya beberapa waktu yg lalu teman saya di england mengirimi saya uang sebesar 60.000 USD dalam bentuk paket beserta dg barang2 gadget lainnya. Tapi saat barang sudah sampai di indonesia pihak cargo minta 8,5 jt sbg uang pajak barang. Keesokan harinya pihak cargo bilang kalo uang yg di kirim itu terdeteksi dan harus mengurus berkas2 ke kedutaan inggris trlebih dahulu dan dia menawarkan untuk membantu dg biaya 25 jt apakah itu benar pak? Uang yg dikirim dari luar negeri itu ilegal? Terimakasih.

  62. Assalamualaikum mas Musthofa, saya mau tanya, saya akan menerima sekitar 75000 EURO dari transaksi bisnis saya dari rekan bisnis di Italia, apakah uang sejumlah itu bisa langsung di terima rekening bank nasional? Kalo dibawa cash resikonya apa mas?

    • apakah uang sejumlah itu bisa langsung di terima rekening bank nasional? BISA tapi mungkin akan diwawancarai oleh bank penerima karena amount nya besar.

      Kalo dibawa cash resikonya apa mas? Ketangkap di imigrasi karena jumlahnya yang besar

  63. assalamu’alaikum…..Pak musthafa ahmad….saya dapat kiriman fb tentang penggiriman uang 3.200.000 dollar untuk titip transfer kira kira gmna cara menanggapinya ? mohon pencerahannya…..

  64. Selamat sore Kak.
    Maaf Kak sy mau nanya,sy ada kenalan Orang Lagos,Nigeria, nah katanya dia mau transfer uang ke sy $ 10.000,00 USD, dan sy udah kirim nomer rekening Bank BRI sy.
    Tapi kata dia,sebelum uang itu ditransfer ke sy,
    Sy harus kirim uang dulu $ 1.000 untuk bayar biaya transfer. Uang itu harus sy kirim ke alamat yg dia kirim,
    Nah sy bingung kak, ini semua benar apa tidak ?
    Katanya kalau sy sudah kirim biayanya itu, uangnya juga langsung bisa ditransfer ke rekening saya / lewat Western Union, gitu Kak.
    Tapi saya jawab, untuk semua biaya sy suruh ambil saja dari uang yg mau ditransfer ke Sy, tp ktnya tidak bisa, sy tetap harus bayar dulu.
    Bagaimana ini Kak, apakah memang prosesnya begitu ??

  65. Mas…sy mau tanya nih.bf sy mau kirim uang dr spanyol tp slalu diminta iban.smtr di indo gk pake iban.dan dia slalu mencoba mengirim by i banking
    Apakah kalau d kirim dr bank lgsg lebih efektif?
    Apa aja persyaratannya? Apakah harus memakai kode cabang juga atau lgsg kode pusat?
    Terimakasih

  66. Maaf gan saya mau tanya , Saya mau transf dr london k bank lokal bca tapi setelah transfer di minta kode activasi, gmn itu ya gan, mhn info nya, thanks

  67. Musthofa,kalau mengirim uang dari ocbc singapur ke bca..kena cable fee n commission $25 apakah di bca nanti uangnya kena biaya lagi??

  68. mas Musthofa, saya tinggal di Serbia mau ngirim ke rek BCA indo saya dari rek bank Raiffaisen sini… komisinya 23 euros + 0,06 %. Kalau saya kirim berupa dollar ke rekening rupiah bca saya, apa di bca saya kena potongan lagi? atau cuma rugi dari harga beli kurs bca yang digunakan (dibandingkan uangnya saya bawa sendiri dan ditukar ke money changer) hehehehe…thanks sebelumnya mas..

  69. halo ka musthofa , dari berbagai semua pertanyaan diatas ada yang mirip2 dengan pertanyaanku ka tapi belum terjawab maksud pertanyaan dihati heheehe. mau tanya nih ka berapa hari kalau kirim uang dari aussie ke bca dengan amount AU$279.xxx dari keluargaku disana untuk keperluan renovasi ruko di jakarta. report dari pihak bank pengirim status nya masih “on process” mungkin ke hold karena rekeningku dulu pernah kena skimming uangku 40juta raib, kira2 kaka tau ga berapa lama uang nya bisa sampai ke rekeningku ? thanks in advance ka Musthofa 🙂

  70. Assalamualaikum kak..saya terima transfer uang ke rekening mandiri hasil jual beli online ke luar negeri trus saya di suruh aktivasi biaya penerimaan uang tersebut apa bener itu ..karena setau aku pembayaran biasanya udah langsung masuk rekening saya dan tidak memerlukan biaya aktivasi lagi..bener ga kak mohon info

  71. Pagi mas, berarti yang saya tangkap dari tulisan ini, transfer via Bank luar negeri ke Indonesia hanya perlu SWIFT CODE saja sudah bisa? Tanpa IBAN? Soalnya saya cancel booking flight di web luar negeri tapi diminta “IBAN/Account Number” sama SWIFT CODE

  72. Halo pak Mustofa saya mau bertanya….apakah menerima transfer uang dari bank of amerika membutuhkan biaya aktivasi untuk bank bca saya ke bank internasional….soalnya kemaren konsumen saya sudah melakukan pengiriman uang ke rekening bca saya….di keterangan struk hasil teransfer tertera ” transaction on prosses….aktivation fee needed usd 100 ” dan saya di suruh membayar biaya aktivasi sebesar 100 dollar ke pihak bank aktivator…mohon arahannya gan

  73. Assalamualaikum wr wb
    Permisi bang mau numpang tanya

    Kakak saya sekarang sedang bekerja di arab saudi dan dia mau mengirim uang 200 saudi riyal kepada saya nah tapi saya belum mempunyai rekening bang , apakah saya bisa mengambilnya langsung tanpa memakai rekening bank dan bagaimana caranya?
    Umur saya sekarang sudah 17 tahun dan juga mempunyai ktp

    Terima kasih

  74. Saya mau nanya,saya kan jual beli online ada yang mau beli pakaian dari orang america terus kata dia saya harus menghubungi pihak bank america,kata pihak bank america uang ditahan dulu kalo anda sudah mengirim resi pengiriman ke bank america tar uang di transfer ke rekening anda…apa bener bisa kaya gitu?

  75. Mas saya mau tanya teman saya kirim uang dari arab saudi ke bank mandiri, lalu dia kirimkan sms dari banknya kepada saya, yang menyatakan jika uang yang dia kirim telah terkirim ke rekening mandiri saya, yang mau saya tanyakan bagaimana cara saya mengambil uang tersebut di bank? Apakah tidak bisa di cek melalui mesin atm? Berapa lama biasanya uang tersebut sampai ke rekening saya?

  76. Dear Pak Musthofa,
    saya baru saja menerima kiriman uang dari Filipina dalam bentuk USD ke tabungan valas USD saya di BNI. Ternyata walau pihak pengirim telah dibebani biaya transfer, uang yang saya terima dalam rek valas saya masih kurang dari jumlah yang mereka kirim. Setelah saya hitung dengan kurs jual-beli USD, saya duga hal ini karena uang USD yang saya terima dikonversi lebih dulu ke Rp baru digunakan uang beli USD dan baru masuk ke rekening Valas saya. Apakah memang sepeti itu? Lalu jika saya menggunakan rekening Valas saya untuk pembayaran dlm EUR apakah:
    a. USD dari rek Valas saya langsung dikirim dalam bentuk EUR
    b. USD dari rek Valas saya harus ke Rp dulu baru dikirim ke EUR
    c. USD dari rek Valas saya harus ke Rp dulu, lalu dikembalikan ke USD (karena rekening saya dalam USD, seperti skema penerimaan uang saya) baru ke EUR

    Mohon maaf jika membingungkan, respon anda akan sangat membantu 🙂

    • Hi anandafathia,
      Mungkin bisa ditanyakan BNI nya atau bank pengirimnya, apakah biaya transfer semua ditanggung pengirim atau tidak. Soalnya saat menerima uang ada semacam fee juga. Harusnya untuk rekening yg USD ke USD tidak dirupiahkan dulu.

      Untuk pengiriman ke mata uang asing biasanya yang jadi patokan USD, atau paling tidak 5 mata uang terkuat. Masing masing bank bisa punya pricing sendiri. Kalo menurut saya sih harusnya USD nya akan ditukarkan ke Euro langsung dengan rate bank pengirim. Rate biasanya mengikuti rate saat proses berhasil settle kecuali memang sudah disebutkan pas awal transfer.

  77. Selamat malam Mas, saya mohon untuk bisa mendapatkan info serta penjelasannya mengenai BERAPA “jumlah” maksimum dana yang bisa/boleh ditransfer dari LN ke rekening BCA saya di DN (Bank to Bank) Jika jumlah maksimum yang bisa/boleh ditransfer masih berada DIBAWAH rencana total jumlah dana yang akan ditransfer, apakah kemudian BISA dilakukan transfer sejumlah maksimum yang bisa/boleh ditransfer dalam beberapa kali pengiriman pada hari yang sama atau dalam waktu berdekatan hingga tercapai total jumlah dana sesuai dengan rencana pengiriman? Ini menyangkut dana saya pribadi yang diperoleh dari pembagian keuntungan dengan rekan bisnis di LN. Terima kasih

  78. Selamat malam Mas Mustofa, saya mau bertanya. Saya menjual koleksi saya seharga USD 500.000 ada orang amerika berniat membeli kemudian dia transfer uang melalui bank of america lewat jasa bankir. Saya menerima email dari bank of america bahwa bankir telah mentransfer uang tersebut kepada saya. Kemudian saya disuruh bayar sejumlah dana untuk biaya setelah saya membayar beberapa kali terakhir saya menerima email lagi dari bank of america bahwa uang saya sampai di Malaysia karena sesuatu hal tidak bisa langsung masuk ke rekening lokal saya kemudian saya disuruh membayar lagi agar uang tersebut dapat masuk ke Indonesia. Setelah saya membayar, sekarang saya disuruh membayar lagi untuk membayar pajak uang tersebut. Saya sekarang bingung nich harus bagaimana ini … mohon bantuannya Mas. Terima kasih sebelumnya.

  79. Assalamu’alaikum Pak….saya DILA ada teman yang mau transfer uang ke SBY sejumlah $8juta,sedangkan sy tidak ada rekening dolar,apa bisa sampai Indonesia.saya sudah kasih kode swift,nomor rekening.terima kasih

  80. Mau tanya kak, saya ada kiriman dari Caixa Bank di Madrid sebesar €20000. Tapi saya di minta utk membayar uang aktivasnya €800 agar transaksi trnsfer bisa dilakukan dan masuk ke rek BNI saya. Apakah ini begitu…? Mohon penjelasannya bila tahu.., saya tidak tahu soal yg ginian mslh pengiriman dari Bank sana…

  81. Sangat bermanfaat gan isinya,saya juga di kontak sama orang yang mau transfer pakai BNP paribas,coba2 searching ktemu ini,terus modusnya juga sama minta transfer duluan sebagai biaya kirim.semakin banyak artikel seperti ini,semakin kita bisa berbagi,udah baca dari awal sampai akhir,Muannntapp..

Tinggalkan komentar